10 Contoh Bangun Datar Beserta Ciri-Ciri dan Rumus Menghitung Luas dan Kelilingnya

Jan 3, 2023
Resep dan Masakan

Apakah Anda sedang mencari informasi mengenai 10 bangun datar? Di artikel ini, kami akan membahas 10 contoh bangun datar secara lengkap bersama dengan ciri-ciri serta rumus yang digunakan untuk menghitung luas dan keliling setiap bangun datar.

1. Persegi

Persegi adalah salah satu contoh bangun datar yang memiliki sisi-sisi yang sama panjang. Sisi persegi dapat dihitung menggunakan rumus sebagai berikut:

Luas: s x s (sisi x sisi)

Keliling: 4s (4 x sisi)

2. Lingkaran

Lingkaran adalah bangun datar yang memiliki ciri-ciri berupa hanya memiliki satu sisi, yaitu jari-jari. Untuk menghitung luas dan keliling lingkaran, gunakan rumus berikut:

Luas: π x r x r (Phi x jari-jari x jari-jari)

Keliling: 2 x π x r (2 x Phi x jari-jari)

3. Segitiga

Segitiga memiliki tiga sisi dan tiga sudut. Rumus umum untuk menghitung luas segitiga adalah:

Luas: 1/2 x alas x tinggi

Rumus untuk keliling segitiga adalah penjumlahan panjang ketiga sisinya.

4. Persegi Panjang

Persegi panjang memiliki dua pasang sisi yang sama panjang dan memiliki dua buah sudut yang sama besar. Untuk menghitung luasnya, gunakan rumus:

Luas: panjang x lebar

Keliling: 2 x (panjang + lebar)

5. Trapesium

Trapesium memiliki dua sisi sejajar dan dua sisi tidak sejajar. Untuk menghitung luas trapesium, rumus yang digunakan adalah:

Luas: 1/2 x (jumlah panjang sisi sejajar) x tinggi

Keliling trapesium adalah penjumlahan panjang semua sisinya.

6. Layang-Layang

Layang-layang memiliki dua pasang sisi yang sama panjang dan satu sudut antara sisinya. Untuk menghitung luas layang-layang, gunakan rumus:

Luas: 1/2 x diagonal 1 x diagonal 2

Keliling layang-layang adalah penjumlahan panjang semua sisinya.

7. Jajaran Genjang

Jajaran genjang memiliki dua pasang sisi yang sama panjang dan dua sudut antar sisinya. Untuk menghitung luas jajaran genjang, gunakan rumus:

Luas: alas x tinggi

Keliling: penjumlahan panjang semua sisinya

8. Belah Ketupat

Belah ketupat adalah bangun datar berbentuk segiempat dengan keempat sisinya sama panjang. Untuk menghitung luas belah ketupat:

Luas: d1 x d2 / 2

Keliling belah ketupat adalah penjumlahan panjang semua sisinya.

9. Belah Ketupat

Bujur sangkar memiliki ciri-ciri sisi-sisinya sama panjang dan kesemua sudutnya siku-siku. Untuk menghitung luas dan keliling bujur sangkar:

Luas: s x s (sisi x sisi)

Keliling: 4 x s (4 x sisi)

10. Trigonometry

Trigonometri adalah cabang matematika yang membahas tentang hubungan antara sudut dan panjang sisi dalam segitiga. Trigonometri berguna untuk menghitung luas dan keliling bangun datar segitiga.

Dengan memahami 10 contoh bangun datar beserta ciri-ciri dan rumus menghitung luas serta kelilingnya, Anda akan menjadi lebih terampil dan percaya diri dalam menyelesaikan soal-soal matematika terkait bangun datar. Jangan ragu untuk terus berlatih dan memperdalam pengetahuan Anda!

Temukan informasi lebih lanjut seputar matematika dan bangun datar di situs web Casino Indonesia. Selamat belajar!